Selasa, 15 Juli 2008

Instalasi Komponen Delphi

Salah satu kelebihan Delphi adalah banyaknya komponen visual maupun non visual yang bisa kita peroleh secara geratis maupun tidak geratis. Bagi seorang yang sudah mahir tentunya bukan menjadi masalah namun untuk para pemula tentu akan kesulitan bagaimana cara menginstal komponen yang sudah kita dapatkan. komponen yang kita peroleh ada yang sudah ada instalernya kita tinggal klik kemudian next sampai finis, ada juga masih dalam bentuk package lengkap dengan sourcenya. oleh karena itu saya akan memberikan masukan atu tips untuk instalasi komponen dalam bentuk package.

langkah instalasi :
  • arahkan library path ke source komponen yang akan di instal, caranya pada menu Tools>Environment Options pilih tab library, Tekan tombol sebelah kanan pada library path, masukkan directori source komponen yang akan di instal tekan add kemudian OK.
  • masuk ke direktori komponen yang akan diinstal cari file *.dpk yang sesuai dengan fersi delphi yang dipakai kemudian dobel klik
  • Tekan compile jika berhasil langsung tekan instal. Saat tekan instal terkadang muncul pesan error yang menyatakan komponen bukan designtime yang harus dilakukan adalah tekan opptions ubah Usage options dari runtime only menjadi Designtime and runtime kemudian OK, tekan Instal sekali lagi.
  • masalah yang sering terjadi antara satu komponen dengan komponen yang lain saling terkait, kita harus meng instal secara berurutan, jika terjadi error komponen yang bersangkutan belum ada kita harus instal komponen tersebut terlebih dahulu begitu seterusnya.

Tidak ada komentar: